Call Center 112 Kabupaten Malang Siaga 24 Jam, OPD Diminta Siap Tindaklanjuti Kedaruratan

- Redaksi

Senin, 1 September 2025 - 13:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ket foto. Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang Atsalis Supriyanto

Ket foto. Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang Atsalis Supriyanto

Malang, pendoposatu.id – Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan kesiapan Call Center 112 sebagai layanan darurat yang beroperasi 24 jam penuh. Layanan ini disiapkan untuk merespons cepat berbagai kejadian darurat mulai dari kebakaran, banjir, kecelakaan, hingga kondisi kedaruratan lainnya.

Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Atsalis Supriyanto, menekankan pentingnya komitmen seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lintas sektor dalam menjalankan sistem ini.

“Saya menghimbau semua OPD dan lintas sektor, walaupun jam kerja maupun hari libur Sabtu dan Minggu, bisa tetap memonitor perkembangan kebutuhan pelayanan kedaruratan selama 24 jam online,” ujar Atsalis saat ditemui di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (1/9/2025).

Menurutnya, hingga saat ini Call Center 112 sudah terpasang dan beroperasi mulai dari tingkat OPD hingga jajaran pemerintahan desa. Namun, yang lebih utama bukan hanya soal aplikasinya, melainkan kesiapan sumber daya manusia di lapangan.

“Yang terpenting bukan aplikasinya, tapi kesiapan OPD, lintas sektor, dan pemerintahan desa. Semua harus punya SOP yang jelas, mana yang termasuk unsur penanganan kedaruratan di semua sektor,” tegasnya.

Atsalis juga mengingatkan agar laporan yang masuk segera ditindaklanjuti tanpa menunggu lama.

“Kalau ada kebakaran, tapi responnya lama, maka api bisa meluas. Itu contoh nyata mengapa kecepatan respon sangat penting dalam layanan ini,” imbuhnya.

Call Center 112 Kabupaten Malang dirancang dengan standar internasional yang sama dengan layanan darurat 911 di luar negeri. Dengan sistem ini, laporan kedaruratan yang masuk akan langsung diteruskan ke OPD terkait, di antaranya Satpol-PP, BPBD, PMI, Dinas Kesehatan, hingga perangkat desa.

Selain itu, Pemkab Malang juga tengah menyiapkan Call Center 112. Layanan ini masih dalam tahap persiapan piranti, sumber daya operator, hingga kesiapan OPD dan perangkat desa.

Baca Juga :  Pencopotan Kadinkes Kabupaten Malang Oleh Sanusi Yang Tak Prosedural Berbuntut Panjang

“Call Center 112 nanti bahkan akan diintegrasikan dengan Call Center 110 milik kepolisian. Jadi antar layanan darurat bisa saling terhubung untuk mempercepat penanganan,” jelas Atsalis.

Dengan adanya layanan Call Center 112, Pemerintah Kabupaten Malang berharap penanganan darurat bisa dilakukan secara lebih cepat, tepat, dan terkoordinasi.

“Tujuan utama dari call center ini adalah mempercepat penanganan kedaruratan di Kabupaten Malang. Apa pun bentuk daruratnya, masyarakat tidak perlu bingung, cukup hubungi 112,” pungkas Atsalis.

Penulis : Ones

Sumber Berita : Liputan

Berita Terkait

Khitanan Massal Gratis Di Desa Turirejo, Lawang: Dukung Anak Sholeh Lewat Aksi Sosial Tahunan
Ketua GMPK Serukan Dialog, Jalan Damai Pemerintah dan Massa Lewat Komunikasi
DPRD Kabupaten Malang Siap Tampung Aspirasi Publik, Darmadi: “Kami Harap Malang Tetap Kondusif”
Proyek Drainase PU Bina Marga Kabupaten Malang Disorot: Minim K3, Plakat Proyek Tak Tampak
PU BM Kabupaten Malang Tangani Drainase, Jawab Aspirasi Pasar Turirejo Lawang yang Kerap Tergenang Air
Warga Lawang Resah, Pasokan Air PDAM Terhenti Imbas Proyek Drainase Misterius
Semarak Merah Putih, Perumda Tirta Kanjuruhan Meriahkan HUT RI ke-80
DPRD Kabupaten Malang Gelar Rapat Paripurna, Bahas Perlindungan Koperasi hingga Penyertaan Modal Daerah

Berita Terkait

Selasa, 2 September 2025 - 01:15 WIB

Ketua GMPK Serukan Dialog, Jalan Damai Pemerintah dan Massa Lewat Komunikasi

Senin, 1 September 2025 - 17:04 WIB

DPRD Kabupaten Malang Siap Tampung Aspirasi Publik, Darmadi: “Kami Harap Malang Tetap Kondusif”

Senin, 1 September 2025 - 14:30 WIB

Proyek Drainase PU Bina Marga Kabupaten Malang Disorot: Minim K3, Plakat Proyek Tak Tampak

Senin, 1 September 2025 - 13:35 WIB

Call Center 112 Kabupaten Malang Siaga 24 Jam, OPD Diminta Siap Tindaklanjuti Kedaruratan

Selasa, 26 Agustus 2025 - 21:31 WIB

PU BM Kabupaten Malang Tangani Drainase, Jawab Aspirasi Pasar Turirejo Lawang yang Kerap Tergenang Air

Senin, 25 Agustus 2025 - 21:24 WIB

Warga Lawang Resah, Pasokan Air PDAM Terhenti Imbas Proyek Drainase Misterius

Jumat, 22 Agustus 2025 - 16:07 WIB

Semarak Merah Putih, Perumda Tirta Kanjuruhan Meriahkan HUT RI ke-80

Kamis, 21 Agustus 2025 - 17:33 WIB

DPRD Kabupaten Malang Gelar Rapat Paripurna, Bahas Perlindungan Koperasi hingga Penyertaan Modal Daerah

Berita Terbaru